Halaman

Rabu, 30 Januari 2013

TOYOTA KIJANG LGX



Sekarang saya akan mereview mobil paling melegenda di indonesia yaitu toyota kijang, so siapa yang ngak kenal sama yang satu ini , semua orang indonesia pasti tau karena kehandalannya sudah terbukti lebih dari 30 tahun.


Merk : toyota 
Model : kijang lgx 2000 cc
Transmisi : A/T trasmission with electronic controlled transmission (ECT)
Tahun : 2000-2002 (LGX kapsul EFI)
Spesifikasi kendaraan : 2000 cc with Electonic fuel injection (EFI) , RWD, PS, PW
Power : 101-108 hp @ 5400 rpm, 161-167 N.M torque @ 2800 rpm
Top speed : 140 kpj


Ulasan :
Setelah beberapa tahun bertahan dengan model generasi ke 3, akhirnya kijang berganti ke generasi ke 4 sekitar tahun 1997 , pada model ini biasa disebut "kijang kapsul" karena bentuknya menyerupai kapsul obat.
Pada generasi ini merupakan lompatan besar pada kijang, sebelumnya toyota astra banyak mempercayakan perakitan bodi mobil pada karoseri. namun pada generasi ini dominasi jepang semakin kuat sehingga menyiratkan mobil sesungguhnya dengan disain bodi aerodinamis dan bodi kaleng.
Ada 4 macam mesin yang pernah digunakan di kijang generasi ini , yang pertama bensin 1800cc dengan karburator, digantikan dengan EFI 1800 cc, EFI 2000 cc, dan disel 2400 cc.

Disini saya akan mengulas kijnag LGX 2000 cc EFI 
speedometer
seri 2000 cc ini merupaka varian tambahan yang mengikuti facelift pada tahun 2000, mesinnya 1 rz-e yang benar beda dari varian 1800 cc. tenaganya dan torsi pun meningakat dari varian 1800cc.
dipadu dengan transmisi matic 4 speed mobil ini cukup nyaman dikendarai.

Pada exterior masih terlihat simpel dengan istilah tidak neko neko, dengan kap mesin panjang dan bodi membulat pada bagian belakang, mobil ini masih enak dilihat walaupun usianya lebih dari 10 tahun. pada sisi sampingnya guratan bodi juga sangat simpel polos yang agak lurus dari sepion hingga kaca belakang, bodi samping hanya didampingi garis horizontal dan sedikit lekukan, pada bagian depan juga masih sangat simpel dengan lampu reflektor serta grill lurus + lampu kabut.
Pada bagian belakang juga cukup sederhana dengan disain kaca belakang melengkung dan sepasang lampi belakang yang sederhana.
Overall tampang luarnya masih oke dan belum terlihat ketinggalan jaman.
dashboard interior

Pada bagian interior mobil ini mempunyai kekurangan pada door trim nya yang masih lurus, namun hal ini sudah diperbaiki pada facelift terakhir. serta lingkar kemudi yang polos tampa emblem chrome logo toyota, speedometer juga kurang futuristik dan terkesan polos, serta kurang nya cup holder yang pada saat ini cukup membantu menaruh botol/kaleng minuman. namun hal ini tertutupi oleh disain dashboard yang cukup apik dan rapi dibanding kompetitor pada masanya, kursi juga cukup nyaman terutama kursi depan yang menopang tubuh dengan baik, kursi baris ke dua dan tiga juga masih comfort karena cukup besar dan tebal, bahkan kursi paling belakang sendiri masih lebih nyaman dan luas dibandingkan dengan kursi paling belakang generasi innova.

nothin's special with this car, tenaga biasa, handling moderat, kesanyapan kabin juga biasa. namun ketangguhan mobil ini luar biasa hampir semua kualitas bahan yang digunakan kuat dan tahan lama, mengenai perawatan ini mobil juara juga hingga sekarang, gak perlu servis rutin, yang penting 1 yaitu ganti oli on time.

positive:
+ tenaga besar
back exterior
+ perawatan sangat gampang
+ spare part murah
+ tampang lumayan oke
+ kabin besar 
+ kekuatan kaki 2 dan mesin 
+ torsi oke
+ bantingan cukup nyaman 

negative:
- GAK BISA NGEBUTT!!! 120 aja udah ngeden mesinnya , termasuk yang bawa
- kualitas interior
- material interior
- gak ada fitur 2 seperti mobil sekarang
- gak ada fitur keamanan penting seperti AIRBAG , ABS dan lainnya
front exterior

overall mobil ini cukup baik ini terbukti dengan harga jualnya yang tinggi banget serta masih dicari pembeli. dengan disain dan fitur seperti ini mobil ini masih bisa diterima karena kelebihannya menutupi kekurangannya

37 komentar:

  1. Balasan
    1. Boros bbm , perbandingan nya dengan apa , klu dengan avanza , wajar di bilang boros , kijang lgx 1800 atau pun 2000 , kok boros , boros kalau 1 liter 5 km ,baru boros , klu masih 1 liter 9 sampai 10 km, masih wajar , bukqn boros , apalagi mobil udah tua ,dengan cc begetu besar ,nyaman , di bawa , coba di sandingkan nyaman nya dengan avanza , pasti nyaman lgx , salam ,,,,peace

      Hapus
  2. Gak masalah dengan bbm nya kok

    BalasHapus
  3. Luar kota pakai pertalite bisa 1:10.7

    BalasHapus
  4. Luar kota pakai pertalite bisa 1:10.7

    BalasHapus
  5. TQ... MKSIH ..BERMNFAAT BGET INFONYA

    BalasHapus
  6. Mobil kesayangan ku, sampai sekarang maasih ada. Km masih 45rb an.

    BalasHapus
  7. boros gak sih suhu".soalnya mau minang lgx 2000/2001 nih..saraannya om

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dalam kota 1:7-8 . Luarkota 1:10-11 di lgx matik sy

      Hapus
  8. Mohon pencerahan suhu" saya beli mobil kijang kapsul tahun 2002 katanya lgx, emang kalo mobil kijang kapsul tahun 2002 yg katanya lgx,masih ada yg carburator? Soal nya mobil saya yg baru beli ini masih carburator. Mohon pencerahan nya. Terimakasih.

    BalasHapus
  9. Y wajar aja klo boros mobil jenis matic

    BalasHapus
  10. Thanks infonya, ga mau ganti kelain hati, lgx sy 2003 masih nyaman di kendarai

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mohon informasinya, untuk oli transmisi maticnya pakai apa ya?

      Hapus
    2. Oli atf dexron 3. Contoh top 1 biru, aisin, castrol dex iii, dll

      Hapus
  11. Mau minang lgx 2000 metik kira metik nya udah hampir 20th masih kuat nga ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harus diperiksa oleh mekanik yg lebih ngerti

      Hapus
  12. Mobil nya sangat nyaman dibanding mobil sejuta umat, walopun boros tapi masih sangat mantulll bosku!!!

    BalasHapus
  13. 125.135 rpm nyaman bnget , anteng ,ga goyang .. Lgx muantap dah

    BalasHapus
  14. saya pake krista 2002 2000cc nyaman bget kecepatan 140KJP di toll masih oke cman nyali aja yang kurang maklumlah besi tua luar kota 1:10 dari jateng ke Ogan komring ilir palembang habis 450 rebu,,kata istri si kalau sama avanza xenia rush agya ayla x pander masih enak kijang krista luas suspensi empuk

    BalasHapus
  15. 2019 ganti ke kijang krista

    BalasHapus
  16. Mohon penjelasanya para suhu"sya punya lgx 2014 kalau dipanasin keluar asap pth tapi lama ilangnya trus kalau sdh perjalan jauh juga klau di lamsamkan juga ttp ada asap pthnya gmana nya apa emang gtu kalau kijang thun tua mhon pencerahanya terima kasih..

    BalasHapus
  17. Mau tanya suhu klu matic saya lgx tahun 2000 matic kadang sering gak bisa maju mesti nunggu lama masuk ke d nya mohon pencerahannya apa perlu kuras oli matic karena saya beli sekend salam

    BalasHapus
  18. Oli matic standart pakai apa. Berapa liter..kl ganti oli matic

    BalasHapus
  19. Siang sobat kijang lgx
    Saya punya lgx 2003 mau tnya ni
    Apakah lgx ktika kita bawa di jln yg kondisinya kriting&berbatu koq roda depannya sprti mau copot ya?
    Itu di sebabkan karna apa ya?
    Mohon penjelasannya

    BalasHapus
  20. mantap review nya gan...

    oh iya buat temen-temen yang mau custom speedometer Kijang LGX bisa ke sini:
    https://www.customfeast.com/2020/03/speedometer-kijang-lgx.html

    BalasHapus
  21. Saya jg penggemar Kijang LGX. Kijang LGX Matic saya tahun 2002. Yang saya rasakan ketika naik LGX tentu lebih nyaman kalo dibanding Avanza, Xenia, Sigra, Calya. Apalagi dibanding Agya atau Ayla, karena naik Kijang LGX, terasa lapang/luas, tenang & nyaman/empuk. Di tol jalan 140 masih terasa nyaman & stabil dg penumpang penuh 8 orang.

    BalasHapus
  22. pokonya kijang msih oke gak kalah mah mobil skrg

    BalasHapus
  23. Lebih baik ngurus kijang,suku cadang murah tapi tahan banting dan awet,engga rewel, ngurusnya enteng, mesinya bandel

    BalasHapus
  24. Pak saya mau tanya,kijang lgx tranmisinya yg matic udah pake ETC Tranmisinya? Soalnya saya mau ganti dengan manual, responya udah lambat dan gter nya udah lebih

    BalasHapus
  25. Knalpot lgx 2002 aslinya merk apa ya mas bro

    BalasHapus
  26. saya juga puny kijang lgx 2004 2000cc om cma blm tau konsumsi BBMny..kira2 berapa perbandingannya ya per liter..🙏🙏🙏

    BalasHapus
  27. Banyak yang membandingkan kijang dengan avanza, xenia, ayla, agya, sigra dan sejenisnya, padahal dari kelas sudah jauh, ini adalah sebuah kijang yang sampai sekarangpun masih ada generasi penerusnya yaitu kijang innova reborn, jadi kalau kijang dibandingkan dengan mobil itu yaa jauh lah, kijang memang tua, segala teknologinya ya layaknya ditahun dia diproduksi, kalau mau nilai rasakan saja sensasinya, kenyamanan dalam berkendara, soal boros yaa iyaa kalau dibandingin sama datsun Go mah, ini mobil udh belasan tahun, cc gede, teknologi saat itu ga secanggih sekarang ditambah efisiensi mobil menurun karena faktor umur dan kilometer yang ditempuh, sampai sini paham buat yg suka bandingin kijang sama mobil2 lcgc?

    BalasHapus